CARA MENGEMBALIKAN RIWAYAT OBROLAN WHATSApp YANG TERHAPUS DI HP ANDROID

Rabu, 28 Desember 2016





Platinum Pulsa - Perangkat layar sentuh seperti Samsung Grand 2 (hape saya sekarang) atau mungkin tipe lain memang hebat, tapi juga kadang bikin pusing. Salah ketuk saja, riwayat obrolan WhatsApp Anda akan hilang.

Anda mungkin berniat menekan 'Lihat Kontak', tapi ternyata menekan 'Hapus chat' dengan tidak sengaja!




Riwayat obrolan Anda sekarang pun hilang, tak ada catatan obrolan satu pun yang tersisa. Lantas, bagaimana cara mengembalikannya atau memulihkan chat whatssap yang hilang? 


Mengembalikan Obrolan Baru

Menariknya, kita dapat mengembalikan semua obrolan yang usianya di bawah tujuh hari: cukup hapus aplikasinya, kemudian pasang kembali. WhatsApp otomatis membuat cadangan data percakapan Anda setiap hari pada pukul 4 pagi menggunakan waktu dari sistem, dan datanya disimpan pada kartu SD ponsel Android Anda. Saat memasang kembali aplikasinya, Anda akan ditanya untuk memulihkan riwayat obrolan. Cukup ketuk Restore/ Pulihkan dan semua riwayat obrolan yang kurang dari tujuh hari akan dikembalikan.
Mengembalikan Obrolan Lama

Bagaimana cara melihat chat history yang sudah di hapus pada wa?? Untuk obrolan yang usianya sudah lebih dari tujuh hari akan lebih sulit untuk dikembalikan. Namun, ada dua cara untuk mengembalikannya sehingga Anda dapat melihat kembali riwayat obrolan whatssap Anda. Pertama dengan cara manual dan kedua dengan menggunakan aplikasi web.

Cara Pertama: Manual

Buka folder Database pada kartu SD– lokasinya ada di /sdcard/WhatsApp/Databases. Di folder Databases ini Anda akan melihat beberapa file, yakni file obrolan. Obrolan ini disimpan dengan nama seperti “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt” di mana “YYYY-MM-DD” itu adalah tahun, bulan, dan tahun. 


Pertama, ganti nama “msgstore.db.crypt”, tambahkan “OLD” atau yang sama dengan nama file. Lalu check out file di bawahnya, filenya ditandai dengan tanggal yang berbeda.Pilih file yang ingin Anda pulihkan – cari file yang pernah Anda hapus sebelumnya – lalu ganti namanya menjadi “msgstore.db.crypt”.

Kembali ke ponsel Android Anda: hapus dan pasang kembali WhatsApp. Pilih Restore/Pulihkan jika ditanyakan. File obrolan yang disimpan dengan nama “msgstore.db.crypt” akan dipulihkan dan obrolan yang lama akan dipulihkan.

Ingat, memulihkan obrolan yang lalu akan menghapus riwayat obrolan Anda yang sekarang, dan pesan yang lama dengan yang baru tidak dapat disatukan dengan mudah. Untuk memulihkan pesan yang baru, silakan ulangi proses di atas, ganti msgstore.db.crypt Anda yang baru dengan yang “OLD”.

Cara Kedua: Menggunakan Jasa Pihak Ketiga

Cara ini lebih cepat karena menggunakan layanan gratis yang disebut Recover Messages. Layanan online gratisan ini membaca isi file database dan mengekstrak semua pesan. Cukup buka situs webnya dan plih file database dari lokasi kartu SD pada ponsel Android Anda, terima ketentuan penggunaannya dan klik Scan.


Prosesnya tergantung dari ukuran file Anda, bisa dalam hitungan detik hingga beberapa menit. Setelah scan selesai, bacalah pesan Anda dengan mengeklik tab berlabel “Registers Recovered”. Meskipun metodenya jauh lebih sederhana, namun Anda hanya dapat mengekstrak dan membaca obrolan Anda yang lama namun tidak dapat mengembalikannya ke riwayat oborlan WhatsApp Anda.

Mencari Gambar, Video & Audio yang Terhapus

Mungkin Anda tidak ketahui, tetapi menghapus gambar dan video dari riwayat oborlan WhatsApp Anda tidak berarti bahwa file tersebut telah terhapus hingga Anda benar-benar menghapusya. Karenanya, mencari gambar dan video ini sangat mudah, walaupun telah dihapus dari riwayat obrolan. Pada ponsel Anda, buka File Manager dan pada folder WhatsApp buka folder Audio, Gambar atau Video yang ingin Anda cari. Gulir ke bawah untuk mencari filenya. Ini juga bisa dilakukan via komputer dengan menghubungkan telepon Anda degan kabel USB. Semuanya ada di sini. 

Cara ini juga dapat merecovery file media di whatsapp yang terhapus sehingga Anda dapat kembali melihat history percakapan whatsapp Anda.

Kejadian pesan yang terhapus tidak sengaja bisa menimpa semua jenis aplikasi perpesanan – bukan hanya WhatsApp. Karena itu, jika Anda punya pengalaman yang sama dengan solusi yang berbeda, mohon untuk share pengalaman Anda di sini.
 
Demikian terimakasih sudah berkunjung kesini !



20.16

0 komentar:

Posting Komentar