Home » , , , , » INILAH CARA MUDAH MENGATASI BOOTLOOP PADA ANDROID TANPA DI FLASHING

INILAH CARA MUDAH MENGATASI BOOTLOOP PADA ANDROID TANPA DI FLASHING

Cara Mengatasi Bootloop Pada Android tanpa Harus di Flashing

Platinum-Pulsa---Apasih itu Bootloop pada android ? sahabat platinum pulsa pasti sudah pada tahu, bahwa bootloop pada android adalah suatu keadaan dimana system hp android sobat tidak dapat melakukan proses booting atau start-up, sehingga anda tidak bisa masuk ke menu utama, dan hanya stuck pada logo samsung atau logo lainnya. 


Ada 3 kasus bootloop android yang sering terjadi yaitu; 1) Light Bootloop, 2) Medium Bootloop dan 3) Hard Bootloop.

Penyebab handphone android bootloop bermacam-macam seperti kegagalan system, akibat kesalahan pada saat proses rooting hh anda. Entah itu kesalahan merubah font yang tidak cocok, merubah boot animation, merubah file system Ui dan yang lainnya dengan sengaja maupun tidak sengaja. Bootloop juga terjadi karena adanya kerusakan pada ponsel seperti error pada system, gagal install font, gagal root dan masih banyak lagi error lainnya yang menyebabkan bootloop.

Jika anda gagal masuk ke menu handphone dan hanya berhenti pada logo berarti itu Bootloop. Jika itu terjadi jangan panik dulu karena disini penulis akan jelaskan cara mengatasi bootloop pada android tanpa flashing pada masing-masing dari ke 3 kasus bootloop android tersebut yaitu;

1. Light Bootloop Android

Permasalahan ini terjadi biasanya karena anda mengutak-atik sistem utama dan tidak menggunakan Recovery Mode, dan akibat dari light bootloop hanya bersifat sementara seperti blank screen.

Cara Mengatasi : Silahkan restart handphone anda terlebih dahulu, jika masih ada keanehan silahkan matikan dan cabut baterainya lalu pasang dan nyalakan lagi.


2. Medium Bootloop Android


Hal ini sering terjadi karena anda mencoba masuk ke system Recovery Mode dan menginstall script yang tidak jelas asal-usulnya.


Cara Mengatasi : Lakukang langkah-langkah dengan Recovery Mode dalam android. Sebaiknya sebelum mengutak-atik apapun yang ada dalam Recovery Mode sebaiknya lakukan backup agar nanti bisa direstore jika terjadi masalah.


3. Hard Bootloop Android

Masalah ini adalah yang paling parah, dimana anda tidak akan bisa masuk kedalam menu handphone dan hanya stuck pada logo dan kemudian restart berulang kali. Ini agak berat dan memang memerlukan penanganan yang ekstra hati-hati dan ahli.

Cara mengatasi : Cara Mengatasinya dengan lakukan Factory Reset (baca caranya disini), jika anda ragu-ragu dan kurang mengerti silahkan bawa ke service center aja.

Biasanya setiap permasalahan yang ada pada tablet Android hampir bisa ditangani dengan melakukan proses Factory Reset. Akan tetapi, langkah ini juga dapat berdampak pada hilangnya berbagai data-data penting anda pada memori telepon yang sudah di-install diwaktu sebelumnya, sehingga anda harus melakukan proses install ulang lagi.

Sebaiknya, melakukan Factory Reset merupakan opsi terakhir bagi anda, apabila semua jenis solusi alternatif telah dilakukan serta belum bisa berhasil. Apabila anda telah yakin, bahwa tidak ada lagi solusi serta cara untuk mengatasi android boot loop yang lain, maka Anda dapat melakukan proses Factory Reset ini dengan cara seperti dibawah ini:

Cara ini bisa anda lakukan bila anda masih sesekali bisa masuk ke menu android, menu ini saya lakukan pada hp android samsung galaxy ace 3 (untuk type hp yang lain silahkan sesuaikan dengan menu yang ada), caranya:

Masuk pada menu Setting => Accounts => Backup and reset => Factory data reset => Reset device.


Jika terjadi permasalahan pada smartphone android anda jangan terburu-buru bawa ke service, cari tau dulu masalahnya tanya-tanyalah dengan mbah google atau bertanya pada teman, yang negerti handpone baru kemudian pergi ke dokter eh tukang service, dan diingat jika smartphone android anda masih garansi harap dibawa ke service center resminya saja, service center Samusung seluruh Indonesia bisa dilihat disini!. Semoga cara memperbaiki hp android bootloop bermanfaat untuk yang membutuhkannya. Terimakasih sudah berkunjung ke blog Platinum-Pulsa ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.