Home » , » PERENCANAAN DAN PERSIAPAN UNTUK MENJUAL PULSA

PERENCANAAN DAN PERSIAPAN UNTUK MENJUAL PULSA

Menjual pulsa baik sebagai penjual yang besar atau sekedar outlet kecil-kecilan, tentunya membutuhkan sebuah perencanaan yang matang, agar nantinya diharapkan dapat membantu kelancaran bisnis pulsa kita tersebut, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan marketing plan jualan pulsa yaitu:

1. Minimalisir Resiko Kehilangan Deposit

Sebelum memulai sebuah bisnis, tentunya ada resiko-resiko yang harus diperhitungkan, begitu juga saat melakukan Bisnis Pulsa apalagi dengan melakukan Deposit secara online. Artinya Kita tidak dapat mensurvey penyedia layanan All Operator karena memang tempat kita jauh dari si penyedia layanan.

Namun resiko tersebut dapat diminimalisir dengan cara berikut ini : Setelah melakukan pendaftaran untuk menjadi agen pulsa pada salah satu server pulsa, tentunya anda akan mendapatkan SMS/YM berupa informasi pendaftaran dan PIN anda, tentunya setelah cocok dengan harga pulsa yang ditawarkan oleh si penyedia layanan all operator, anda diharuskan untuk mentransfer sejumlah uang ke rekening deposit penyedia layanan.Nah hal ini lah yang menjadi rawan penipuan apabila kita tidak teliti dalam memilih penyedia layanan all operator.

Tetapi jika kita masih setengah ragu-ragu atau seperti baru mau coba-coba usaha pulsa/mau coba coba pindah ke penyedia layanan lainnya usahakan mentransfer uang dalam jumlah yang sedikit saja biasanya berkisar antara 10.000 s.d 50.000. Usahakan untuk memilih server pulsa yang mempunyai program Daftar Gratis dan Deposit Bebas, tentunya hal ini dapat meringankan kita sebagai pemula/yang baru ingin mencoba agar tidak mengalami kerugian yang terlalu banyak jika hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Jika server pulsa yang anda pilih sudah teruji kredibilitasnya dan sudah dipakai oleh banyak kalangan penjual pulsa, Barulah anda dapat meningkatkan jumlah deposit anda sedikit demi sedikit, tentuya berbanding lurus dengan omset penjualan pulsa elektrik anda sehari-hari.


2. Cara Memilih Server Pulsa
Ada beberapa cara dalam memilih server pulsa yang bagus, saya akan coba utarakan salah satunya yaitu dengan melihat juamlah SMS CENTER yang disediakan oleh Server Pulsa tersebut. Kenapa? logikanya seperti ini, server pulsa yang mempunyai SMS CENTER minimal lebih dari 5 Nomor berarti telah melayani banyak pelanggannya dan tentu saja dengan banyak pelanggan artinya server pulsa tersebut dapat kita percaya.

Yang kedua dengan ada banyaknya SMS Center kita sebagai penjual pulsa dapat memilih Center apa yang cocok untuk kita, karena setiap penjual pulsa tentunya memakai kartu GSM/CDMA yang berbeda-beda nah biasanya operator akan cepat mengirimkan operator jika sesama operator (IM3 ke IM3, SIMPATI ke SIMPATI dll).

Yang ketiga dan yang paling penting adalah jika server pulsa memiliki banyak SMS CENTER tentunya antrian SMS masuk tidak menghambat transaksi yang kita lakukan.


3. Strategi Pemasaran dan Marketing Plan

    Memilih HP yang Tepat
    Kenapa pilihan hp menjadi penting ? karena penjualan pulsa menggunakan SMS dari hp untuk seluruh transaksinya. Pilihlah HP yang tidak terlalu banyak fiturnya agar  baterai awet, karena yang di butuhkan asal bisa SMS saja. Akan lebih baik hp yang bisa dual sim dan gunakan nomor yang paling irit untuk sms misalnya Three dan nomor yang satu boleh operator apa saja untuk di gunakan sebagai cadangan untuk di dipararelkan. Namun jika tidak bisa sesuai kriteria di atas HP apa saja juga bisa di gunakan.


    Siapkan Modal Awal Untuk Deposit.
    Hampir semua server pulsa all operator sekarang menggratiskan biaya pendaftarannya dan minimal deposit yang tidak terlalu besar. Siapkan Modal Rp 50.000 – Rp 100.000, lebih banyak lebih baik biar tidak bolak balik mengisi deposit.

    Pilih Server Pulsa Yang Terpercaya.
    Menentukan pilihan pada server pulsa yang dapat dipercaya itu penting, mengingat jaminan kelancaran transaksi dan stok barang yang kita butuhkan. Pilih Server pulsa yang sudah mempunyai nama dan mempunyai kekutan sumber daya yang besar, baik dari segi pelayanan, karyawan, mesin server dan lain sebagainya. Baca cara memilih pulsa di atas.

    Survey Harga Pasar.
    Lakukan survey kecil-kecilan untuk mengetahui harga pasar pulsa di sekitar tempat anda ingin jualan, jangan sampai berjualan dengan harga lebih tinggi dari penjual yang lain, atau terlalu murah, yang nantinya bedampak pada keuntungan atau dampak sosial pada counter pulsa anda.

    Lakukan Promosi
    Promosi bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti menyebar pamflet/brosur, membuat banner untuk konter anda. Sangat disarankan untuk melakukan promosi di jejaring social yang anda miliki karena efek viral dari jejaring social sangat bagus untuk promosi anda apalagi jika anda mempunya teman / follower yang lumayan.

Hal Yang Penting  Namun Sering di Lupakan dalam bisnis berjualan pulsa elektrik !!

Mendaftar dilebih dari satu pulsa server itu penting, Mengapa? Sudah hukum alam bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini, demikian juga dengan server pulsa. Tidak peduli seberapa hebat Software Enginenya, seberapa powerfull PC server yang di gunakan pasti ada kalanya server lambat, transaksi telat, server maintenance, jaringan down, stok kosong dan seabreg masalah lainya.

Namun jangan khawatir, itulah gunanya mengapa mendaftar di lebih dari server itu sangat di sarankan, tentu untuk anda yang benar-benar serius dalam bisnis penjualan pulsa elektrik ini dan mengutamakan pelayanan. Karena pelanggan akan kecewa jika ketika mereka datang ke kios anda namun ternyata sedang gangguan.

Selain itu juga keuntungan mendaftar di dua server berbeda adalah kita bisa memilih milih harga yang paling murah ketika melakukan transaksi, misal kita mendaftar di Server A yang harga simpatinnya mahal namun harga indosatnya murah dan Server B untuk yang harga simpatinya murah namun indosatnya standar.

Sumber referensi :
http://pulsa-online.com/cara-memulai-bisnis-pulsa/
http://armabless.wordpress.com/tips-dan-trik-jual-pulsa/
Sumber gambar : Google

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.