TERKUAK RAHASIA WARNA BIRU YANG COCOK MENJADI PILIHAN FACEBOOK

Kamis, 28 Januari 2016

PlatinumPulsacell-----Siapa sich yang tidak kenal FaceBook, dari anak-anak hingga orang tua di dunia ini rasanya hampir semuanya menggunakan aplikasi media sosial yang terbesar dera milenial dewasa ini. Raksasa media sosial Facebook selalu identik dengan warna biru. Warna ini mendominasi hampir semua antar muka jejaring sosial terbesar di dunia itu.

Rahasia Warna Biru Tampilan FaceBook

Namun, tahukah anda kenapa yang dipilih warna biru, bukan warna yang lain?

Ternyata alasannya sangat sederhana. Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg, ternyata buta warna merah dan hijau.

Jadi, Zuckerberg melihat warna biru adalah warna yang terbaik baginya.

"Saya bisa melihat semua warna biru," katanya dalam sebuah wawancara dengan The New Yorker.

Mungkin jawaban Zuckerberg tidak terlihat ilmiah. Namun menurut penelitian pemilihan warna memengaruhi emosi tertentu bagi orang yang melihatnya. Warna-warna, termasuk biru, bisa memengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sebuah produk atau jasa.

Rahasia Warna Biru Tampilan FaceBook

Terlebih lagi, indera penglihatan adalah indera yang paling berkembang sangat kuat pada sebagian besar manusia. Ini adalah hal wajar mengingat 90 persen penilaian untuk mencoba suatu produk dibuat berdasarkan warna.

Begitu juga dengan warna biru. Warna ini memberikan kesan tenang, kredibel, dan bisa diandalkan. Selain Facebook, warna biru banyak dipakai oleh sejumlah perusahaan terkenal lainnya untuk logo mereka.

Perusahaan-perusahaan seperti Dell, AT&T, Twitter, IBM, HP, hingga Vimeo menggunakan warna biru dalam logo mereka.

Selain logo, internet juga menggunakan warna biru sebagai warna utama hyperlink di sebagian besar website. Namun pemilihan warna biru ini sama sekali berbeda dari alasan di atas.

Tim Berners-Lee, penemu utama web, diyakini menjadi orang yang pertama kali membuat hyperlink berwarna biru. Mosaic, nenek moyang peramban web, hanya bisa menampilkan halaman web dengan latar belakang abu-abu di teks hitam.

Itulah warna paling gelap yang tersedia pada saat itu dan masih bisa dibedakan dengan menggunakan teks warna biru. Oleh karena itu, untuk membedakan hyperlink dengan teks biasa dipilihlah warna biru, sehingga nyaman saat dibaca.

Semua ini menjadi sangat menarik bahwa hanya mengubah hal yang kecil seperti warna bisa menghasilkan sesuatu yang besar.

Demikian tentang rahasia tentang warna biru yang ada di antar muka FaceBook yang menjadi pilihan tampilah media sosial terbesar ini. Terimakasih sudah menyimak artikel ini, semoga sukses selalu.


Sumber: Huffingtonpost.com



16.54

0 komentar:

Posting Komentar