10 CARA MENGHEMAT KUOTA INTERNET DARI ANDROID TERBARU

Rabu, 09 Desember 2015


Dewasa ini teknologi android sudah menjadi pilihan sebagai teknologi terbaru dari handpone selullar orang kebanyakan. Beragam fiture dan fasilitas yang memudahkan kegiatan komunikasi sudah tersedia dalam android. Salah satu yang tidak kalah canggih yang tertanam dalam android adalah konektivitas internet yang juga didukung fitur-fitur canggih dan keren abis, mulai dari browsernya, hingga catt dan jejaring sosial- multimedia "tingkat dewa". Tentu saja ini harus didukung jaringan dan kuota internet yang besar cepat pula. Ini berarti kita sebagai user harus menyediakan dana untuk memenuhi kebutuhan kuota internet kita tersebut. Terkadang tanpa disadari ketika menggunakan android kita menghabiskan banyak kuota untuk hal-hal yang tidak peting dan tidak perlu, akibatnya tagihan internet akan membengkak dan isi kantong akan terkuras habis. Nah berikut ini beberapa cara untuk menghemat kuota internet dari android kamu. Seperti berikut ini;


1. Jangan mengaktifkan data inernet secara terus menerus
Koneksi data inernet yang terus-terusan aktif pastinya kuota internet juga cepat habis. Kalau sobat sedang mengisi ulang baterai, pastikan matikan dulu koneksi internetnya. Atau jika sobat sedang tidur, matikan saja koneksi internetnya. Tidak usah buru-buru balas semua pesan yang masuk. orang paling sibuk pun pasti membutuhkan tidur, dengan begitu kuta data internet sobat jadi lumayan hemat dari sebelumnya.

2. Matikan fitur Auto Update atau pembaruan aplikasi otomatis
Fitur Auto Update yang aktif akan menjadi penyebab utama borosnya penggunaan kuota internet di perangkat smartphone Android sobat. Hal tersebut karena biasanya pengguna akan memasang berbagai aplikasi tambahan di smartphone android. Aplikasi tambahan inilah yang berpotensi melakukan update otomatis dengan cara mendownload file perbaikan atau penambahan fitur dan sebagainya yang tentu akan memakan kuota internet yang lumayan besar.

3. Matikan fitur auto sync di setting account smartphone android
Fitur auto sync akan berjalan terus menerus dan akan memakan kuota internet sobat secara berkalah dan hal ini dan membuat kouta data internet sobat jadi lebih cepat habis.

4. Gunakan browser tambahan yang memungkinkan browsing lebih hemat kuota
Di beberapa browser dari pihak ketiga seperti opera mobile memilki fitur yang dapat mempercepat akses inernet dengan mengurangi data internet yang di gunakan dengan cara mengajtifken fitur opera turbo pada opera mobile di smartphone android sobat.

5. Kurangi kualitas gambar pada browser yang sobat gunakan
Tahukah sobat bahwa hanya dengan mengutrangi kualitas gambar di browser seperti pada opera mini akan membuat kuota data intrnet sobat jadi lebih hemat, karena kualitas gambar yang rendah akan mengurangi data yang di gunakan, sobat bisa mengatur kuliatas gambar di bagian setting lalu image kemudian pilih low.

6. Kurangi bermain-main tidak penting di dunia maya
Jika sobat ingin pemakaian kuota internet yang lebih hemat, sudah hal yang pasti jika aktifitas online di internet pun harus mulai sobat kurangi atau batasi sesuai kebutuhan yang memang penting saja, ketika membuka internet fokuskan pada tujuan awal untuk membuka materi atau bahan yang benar-benar kita butuhkan.

7. Manfaatkan jaringan hotspot atau wifi gratis yang tersedia
Sekarang ini banyak sekali tempat-tempat umum seperti cafe maupun restoran yang menyediakan fasilitas Hotspot area / wifi yang di sediakan secara gratis. Nah, hal tersebut bisa jadi keuntungan bagi sobat untuk menghemat penggunaan kuota paket internet yang ada di smartphone Android sobat.

8. Manfaat fitur pengiriman dari Smartphone Android
Manfaatkan fasilitas yang dari smartphone untuk hal-hal yang bisa digantikan dari kegiatan di internet. Misalnya jika mau tukaran gambar atau mengirim data tertentu dari pada melalui jejaring sosial yang harus menggunakan internet, lebih baik kirim dengan fasilitas bluetooth.

9. Atur tampilan aplikasi yang membutuhkan koneksi internet agar lebih hemat kuota
Saat sobat melakukan browsing pasti ada beberapa situs memang membutuhkan bandwith sangat besar untuk mengakses karena memang situs tersebut memang menampilkan halaman yang memiliki ukuran sangat besar, misalnya menghadirkan video, streaming video, gambar animasi, atau iklan pop-up. jadi jika Anda hanya ingin membuka sebuah laman internet yang isinya cuma baca berita, tanpa ada gambar, sesuaikan saja setelan menjadi only text. kuota internet sobat tentu sangat mubazir kalau sobat sendiri hanya membutuhkan informasi berupa teks tetapi pada hal lainnya seperti gambar juga memakan kuota data internet.

10. Waspada dengan tawaran download
Ketika membuka internet kita harus hati-hati dan waspada dengan beberapa tawaran dari situs atau jaringan tertentu yang menawarkan download baik berupa aplikasi, wallpaper, gambar, game, dll. Karena tidak semua yang ditawarkan itu sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan kita. Cek betul-betul apakah data yang akan kita download dan unduh itu hanya memuat konten yang bermanfaat utuk kita. dan harap dicek juga seberapa besar kapasitasnya. 100 kb, 100Mb atau 100GB. hati-hati jangan sampai terlalu penuh Smartphone kamu...hihihi...

Demikianlah cara menghemat kuota internet dari internet android terbaru kamu, semoga artikel sederhana ini bermanfaat untuk sahabat Platinum Pulsa semua. yakinlah, "hemat masih tetap pangkal kaya".hihi... jadi jangan boros dengan kuota internetnya ya...th4nks.



16.47

0 komentar:

Posting Komentar