CARA MEMPERBAIKI TOUCHSCREEN HANDPONE YANG RUSAK

Kamis, 01 November 2012

Platinumpulsa – Semakin lama teknologi selular berkembang semakin maju, banyaknya handphone dan smartphone yang beredar di pasaran saat ini memang lebih dominan dengan layar sentuh. Keypad Qwerty saat ini mulai langka dan jarang sekali di keluarkan oleh pabrikan handphone terutama Samsung, Sony bahkan Nokia. Karena itu penggunaan touchscreen semakin intens, Hal inilah yang membuat layar sentuh jadi rentan rusak. Tapi jangan khawatir karena kami akan memberikan Panduan/ Cara Memperbaiki Layar Sentuh Handphone Yang Error/Rusak ringan atau berat .



Cara Memperbaiki Layar Sentuh Yang Rusak memang hanya bisa diperbaiki oleh yang ahli. Contohnya saja Handphone seperti Samsung , Sony sudah banyak tersebar luas service center yang melayani kerusakan semua handphone baik yang garansi atau tidak.Service handphone langsung di service centernya memang  sangat aman dari oknum yang sering mengganti onderdil HP kita menjadi onderdil yang second.
Kecurangan inilah yang sering dialami oleh orang yang masih belum tahu atau memang handphone tersebut tidak tersedia service di kota tersebut sehingga mau tidak mau di service di counter counter yang basic dan kemampuannya lebih dari cukup. Jika counter tersebut merupakan kenalan kita, kemungkinan adanya kecurangan sangatlah tipis akan tetapi jika kita service di tempat yang tidak kita kenal kemungkinan besar bisa di tukar sparepart kita dengan sparepart yang lainnya. Berikut ini adalah Panduan Cara Memperbaiki Touchscreen Handphone Yang Rusak.


Kerusakan pada layar terbagi menjadi 2 yaitu kerusakan ringan dan kerusakan berat. Jika Smartphone kita mengalami kerusakan ringan pada layar sentuhnya, maka tips dan cara yang kita sadari agar layar sentuh tersebut kembali normal adalah :
  1. Jika layar sentuh sudah mulai memberikan sinyal tidak peka lagi terhadap sentuhan maka hal yang anda lakukan adalah dengan cara segera diperbaiki dengan cara matikan handphone, cabut baterai handphone, dan semua perangkat tambahan pada handphone.
  2. Kemudian dinyalakan dan hidupkan kembali smartphone anda kemudian tes lagi layar sentuhnya dengan mencoba membuka aplikasi dan media yang tesedia. Jika tetap tidak ada efeknya maka selanjutnya menggunakan cara berikut ini.
Jika layar sentuh sudah tidak bisa diperbaiki dengan cara di atas maka hal yang anda lakukan adalah dengan cara mengganti layar sentuhnya. Dengan cara berikut ini:

- Buka penutup handpone dan lepas semua casing handphone. Kemudian lepas bagian tersebut dari mesin handpone
- Pada saat melepas mesin dari casing maka akan terlihat layat tuchscreen yang terdiri dari 2 bagian yang cukup tebal pada handpone tersebut yaitu layar baigan atas dan layar bagian dalam.
- Lapisan touchscreen bagian atas merupakan bagian dari touchscreen yang berfungsi untuk bidang sentuh pada handphone, inilah bagian yang sering terjadi kerusakan. Segera ganti layar touchsreen tersebut dengan touchscreen yang baru.
- Pada saat penggantian layar touchscreen tidak boleh langsung dicabut dan diganti/ Apabila hal tersebut dilakukan maka layar akan rusak total, hal ini dikarenakan pada layar tersebut tersambung kabel fleksi atau fleksibel LCD dan pada kabel fleksi tersebut disambung secara permanen
- Sebelum dilepas buka sambungan fleksi dengan menggunakan solder kemudian baru bisa diganti layar touchsreen tersebut. Namun diingan harus ini dalakukan dengan hati-hati karena kabel tersebut sangat tipis dan kecil sekali.
- Setelah layar touchscreen berhasil dilepas ganti dengan menggunakan layar touchscreen yang baru, biasanya kisaran harga layar touchscreen antara 150 ribu sampai 300 ribu
- Pasang layar touchscreen yang baru secara hati-hati, jangan lupa untuk menyambung kembali kabel fleksi yang sudah dilepas tadi dengan menggunakan solder.
- setelah dipasang lakukan pengetesan dengan memasang baterai handpone untuk mengetahui apakah layar sudah bekerja dengan baik.
- Apabila layar touchsreen sudah dapat berfungsi kembali maka pasang kembali semua perangkat handpone dan casing seperti sediakala.

*Catatan: jika anda memang tidak mampu silakan serangkan pada ahlinya diservice-service resmi handphone yang bersangkutan
 
Demikian cukup itu saja yang bisa platinum pulsa berikan untuk anda tentang Cara Memperbaiki Touchscreen Handphone Yang Rusak Baik HP Samsung, Sony, Blackberry, Mito, Nokia, Advan, Lenovo, Oppo dll. Semoga bermanfaat buat anda dalam mengatasi masalah touchscreen yang rusak.



20.04

0 komentar:

Posting Komentar